Pages

Rabu, 04 Februari 2015

tips jadi kiper ala buffon


Tips Penjaga Gawang Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (1)

Tahukan Siapa Gianluigi Buffon? Kiper Nomor 1 Di Juventus dan Timnas Italia. Kiprahnya belum tergantikan hingga saat ini menginjak diusia 35 Tahun. Pria kelahiran  Carrara, Italia 28 Januari 1978 ini, mempunyai reflek yang sempurna bagi Penjaga Gawang, bahkan dia juga jago dalam memblokir Pinalti lawan, jadi memang tidaklah salah, dia adalah “Salah Satu Kiper Terbaik Didunia”. untuk kali ini yang akan membahas “Tips Dari Buffon” bagaimana seorang kiper mampu menjaga gawangnya, semaksimal dirinya dan juga ditambah tips. ini dia Tipsnya:

Rahasia Menjaga Gawang Ala Buffon

  1. Buffon selalu berkonsentrasi penuh disetiap pertandingan, sebelum pertandingan itu berakhir, dia selalu fokus dilapangan, cara ini sangat bagus untuk menjaga dari serangan lawan yang menuju kearahnya.
  2. Selalu Fokus Membaca arah bola, entah itu dari Shooting, Corner, Freekick, bahkan saat berhadapan langsung dengan lawan, dia selalu tahu membaca arah bola.
  3. Mempunyai Reflek Yang Luar Biasa. saat bola tendangan sangat keras kearahnya dia Refleknya sangat cepat, ini berasal dari Konsentrasinya.
  4. Dia mempunyai kemampuan udara, saat dia melompat untuk memblokir bola, jangkauan lompatnya sangat cepat dan juga daya cengkaram menangkap bola. ini dimiliki karena dia memiliki tinggi 192 meter, postur yang cocok sebagai penjaga gawang.
  5. Mempunyai skill Komando Area, ia juga bekerja di garis pertahanan, selain menjaga gawang, tujuannya supaya ia bisa menjangakau bola diudara. karena dia sudah mempunyai skill dalam kemampuan udara, tidak sulit melakukan hal ini.
  6. Mempunyai cara komunikasi yang sangat baik terhadap pemain lainnya. jadi selain bagus untuk mengatur pertahanan, dia juga bisa bertanggung jawab kepada pemain bertahannya untuk bermain dengan baik, terutama menjaga garis pertahanan. sebagai seorang kiper yang baik, dia juga harus mempunyai cara komunikasi terhadap pemain lainnya, untuk jangka panjang kedepannya, apalagi selalu bermain tiap minggu di Liga. 
  7. Selalu berani mengambil resiko keluar dari daerah gawangnya, untuk menghalau serangan musuh. memang resiko keluar dari postnya, apalagi keluar dari garis penalti, yang sangat berat resikonya. tapi Buffon seringkali bisa menghalau serangan musuh dari arah sana. Buffon juga bermain lepas bukan hanya disatu titik sekitar gawangnya saja, tetapi diarea kiri dan kanan gawangnya, seringkal ia mengambil resiko seperti itu. 
  8. Dia mempunyai cara yang bagus dalam “Penanganan” selalu memegang bolanya dengan erat, saat ia berhasil menangkap dari serangan musuh, sehingga itu membuat bola menjadi aman, terutama lepas dari cengkraman tanggannya. hanya kiper yang punya skill bagus, yang tidak akan ada kesalahan saat memegang bolanya. meski itu cuaca bisa hujan dan kelicinan bisa saja membuat bola itu lepas menjadi gol atau bunuh diri karena ulahnya.
  9. Mempunyai tendangan yang bagus. bukan hanya pemain selain kiper yang harus punya tendangan yang baik, kiper pun harus punya. kalau kiper mempunyai tendangan yang baik, jangkauan bolanya saat “Goal KIck” atau ada pelanggaran diarea belakang, dia dengan keras dan jauhnya tendangannya membantu pemain tengah atau depan untuk segera menyerang daerah pertahanan musuh, jadi skill ini juga penting. 
  10. Bila Tim memakain Strategy Offside Trap, dan penyerang lawan bisa memasuki area gawang, apalagi saat dia sudah berhasil melewati pemain belakang. dan posisinya sangat menguntungkan hanya dia dan penjaga gawang, itu adalah ancaman yang sangat besar. hanya penjaga gawang yang menpunyai skill tinggi yang mampu menghalau serangannya, kecepatan dan teknik dibutuhkan disituasi semacam itu. hanya kiper yang mempunyai skill bagus juga yang bisa memprediksi dan siap menghadapi situasi ini. dia bisa bergerak cepat, menghalau pemain itu dari mencetak gol. dia juga harus mempunyai skill Antisipasi, yang juga harus dimiliki seorang Bek, postur tinggi badanya juga sangat mempengaruhi, selain Reflek tinggi.
  11. Punya kemampuan dalam akurasi melempar bola. kadang dalam permainan yang membutuhkan gerakan cepat, setelah Offside, Goal Kick, Corner, Kiper tidak langsung memberikan bola jauh kedepan, dia juga bisa melemparkannya kepemain satu tim. tetapi kekuatan lemparan terutama jarak lemparan itu sangat diperlukan sekali. 
  12. Skill Meninju Bola. ini sangat diperlukan Kiper dalam menghalau serangan, terutama bola udara. bila Kiper meninju bolanya, kemungkinan bola melambung menjauhi area gawangnya dari keadaan berbahaya, tetapi semua ini tergantung situasi bola diudara juga. bila terjangkau Kiper bisa langsung menangkapnya. skill ini juga berlaku untuk Freekick, Corner, serta bagus untuk menghalau bola melambung keudara. Buffon yang sering kali terlihat menghalau bola dengan cara seperti ini, sama sekali tidak ada masalah dipergunakan dalam penampilannya dimanapun juga.
  13. Buffon mempunyai keberanian dalam menjaga gawangnya, meskipun resiko sakit yang didapat maupun cedera, harus harus digotong keluar dari lapangan. seorang Kiper yang baik juga harus mempunyai Skill seperti ini, untuk menjaga gawangnya dari resiko kebobolan.
  14. Buffon juga mempunyai ketenangan dalam menjaga gawangnya, ketenangan itu juga bisa membuat fokus dan konsentrasi dalam setiap penampilannya. selain Agresif terhadap serangan bola yang datang kearahnya, Ketenangan juga membuat seorang Kiper tidak gegabah, tidak bertindak diluar batas, apalagi bergaya Esentrik. dalam emosi seorang pemain juga membutuhkan sikap ketenangan seperti ini, yang kelihatannya sangat mudah, tetapi sulit dijalankan dilapangan. selain bisa terjegah dari terpancing emosi dari lawan, pemain tidak selalu bertindak Emosi dilapangan. Mario Balotelli adalah contoh pemain yang sangat kurang dalam hal menjaga emosinya.
  15. Buffon juga sangat baik dalam mengambil keputusan, dia mengerti apa yang harus dilakukan dalam menjaga garis pertahanan gawangnya. juga dalam membuat keputusan penting, menghalau pergerakan lawan, yang bisa saja terjadi pelanggaran berujung Pinalti. 
  16. Kiper yang baik tahu benar dan harus cepat bergerak cepat menghalau bola di arah mana saja, didekat sudut kiri gawang, kanan, tengah, atas bawah, apapun itu dia harus selalu siap menghadapi itu semua. skill kecepatan, keseimbangan ditambah langkah yang baik, itu juga yang dimiliki Buffon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar