Pages

Rabu, 11 Februari 2015

5 pencuri stamina futsal

5 Pencuri Stamina Futsal

 
pencuri stamina futsal

Semua olahraga membutuhkan stamina, terlebih lagi futsal. Karena luas lapangannya yang tak terlalu besar, pemain dituntut untuk bermain dinamis dan menguasai teknik bertahan sekaligus menyerang. Maka dari itu tak mengherankan besarnya energi yang dibutuhkan untuk menjalankan permainan ini. Untuk Anda yang masih berjuang meningkatkan staminanya, jangan sia-siakan usaha keras Anda dengan kebiasaan 'pencuri stamina'. Apa sajakah itu? Simak kebiasaan-kebiasaan berikut yang telah disusun khusus oleh Futsal Cara Barca untuk futsalista sekalian :
1. Tidur larut malam
Waktu tidur adalah masa-masa pemulihan bagi tubuh selepas aktivitas seharian. Terlebih saat berolahraga yang sebenarnya merusak otot. Tapi otot rusak itu untuk alasan yang baik: agar ia beregenarsi dan tumbuh lebih kuat. Nah, otot-otot yang rusak itu dipulihkan pada waktu Anda tidur. 
Jika Anda terbiasa tidur larut malam, segera hentikan kebiasaan buruk ini. Selain mengganggu pemulihan tubuh Anda, sebuah studi perilaku selama 2 minggu menunjukkan bahwa orang yang tidur selama 6 jam atau kurang dalam sehari menunjukkan gejala kesadaran seperti orang mabuk. Meski peserta yang diteliti merasa baik-baik saja, data menunjukkan hal yang berbeda. Maka dari itu kalau Anda sering terlihat bingung di lapangan, konsentrasi sering hilang di tengah tekanan lawan, sampai kontrol bola yang buruk akibat melamun, bisa jadi karena Anda kurang tidur.

2. Dehidrasi akibat kurang minum air putih

Air putih merupakan elemen penting bagi tubuh. Karenanya penting untuk minum minimal 2 liter air setiap hari. Terlebih bagi Anda yang seorang atlet futsal dengan aktivitas fisik yang lebih tinggi. Jika Anda tak ingin menyesal mengapa sering kedodoran saat di lapangan, sebaiknya mulai perhatikan pola minum Anda, karena dehidrasi bisa menyebabkan tubuh terasa lemah, linglung, haus berlebihan, dan yang terparah bsia sampai pingsan!
 3. Pergerakan dan teknik yang tidak efektif.
Pemain yang beraksi untuk pamer skill individu daripada menyukseskan skema permainan tim akan lebih cepat kelelahan karena kehilangan tujuan utama dari sebuah pertandingan: memenangkannya bersama-sama. Bila Anda bermain dengan patokan meraih kejayaan untuk diri sendiri, seringkali akan membawa Anda pada beragam pergerakan dan teknik yang tidak perlu. Skenario terburuk adalah Anda justu kehilangan kepercayaan dari rekan-rekan satu tim yang mengakibatkan Anda benar-benar harus 'bermain sendiri' di lapangan. Mencari bola sendiri, mempressing lawan sendiri, tidak ada yang mengumpan!

Rekan Anda akan khawatir kehilangan bola bila mengumpankannya kepada Anda dikarenakan Anda sering melakukan aksi individu dengan ceroboh.

Solusinya? Perbanyak permainan tim, itu akan menghemat energi Anda lebih banyak. Selain Anda tidak perlu berlari dribbling setiap saat, yang mana menguras banyak tenaga, Anda pun akan mendapat banyak bantuan dari rekan setim dengan usaha yang lebih sedikit daripada 'menonjolkan skill individu setiap saat'.

Anda ingin mempelajari dengan serius bagaimana prinsip dan teknik pergerakan yang efektif itu? Segera pesan e-book panduannya dengan klik di sini.
4. Makan sebelum bertanding
Percaya atau tidak, makan membutuhkan energi tersendiri. Yang dimaksud tentunya bukan energi untuk mengangkat sendok atau yang semacamnya, tapi energi untuk mencernanyaButuh sekian waktu dan energi bagi tubuh untuk mencerna makanan kita, makanya bukan ide yang baik untuk bermain futsal tepat setelah Anda makan. Kalau harus makan, lakukan minimal 2 jam sebelum bertanding. Berdasarkan pengalaman, makan 1 jam sebelum bertanding mengakibatkan mobilitas Anda terganggu oleh perut yang terasa panas dan napas yang lebih cepat habis.

5. Kurang pemanasan

Kurang pemanasan termasuk pencuri stamina lainnya. Anda mungkin ingin segera bermain di lapangan, dan beraksi tanpa 'basa-basi'. Padahal 'basa-basi' inilah yang melenturkan otot-otot Anda sebelum bertanding, melancarkan peredaran darah sebelum bertanding, mengantarkan sensasi segar yang tidak hanya baik bagi eksekusi teknik Anda, tapi juga moral bertanding yang lebih siap.

Itulah 5 pencuri stamina futsal versi Futsal Cara Barca, bila Anda secara tak sadar memelihara satu atau lebih kebiasaan di atas, segera ganti dengan kebiasaan yang lebih sehat untuk performa futsal yang terbaik!
[via futsalcarabarca.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar