Pages

Senin, 10 November 2014

Suporter Paling Fanatik Dan Kreatif Di Indonesia



Mendukung klub kesayangan itu hukumnya wajib bagi seorang suporter sejati. Apalagi jika kita membicarakan tentang suporter indonesia yang terkenal akan fanatismenya. Bahkan mereka rela tawuran dengan kelompok suporter lain hanya karena klub kesayangan mereka di hina. Dan yang lebih parahnya lagi mereka rela kehilangan nyawanya demi klub yang mereka cintai dan mereka sayangi tersebut.
Tapi dengan seiring jalannya waktu para suporter indonesia mulai dewasa dan meninggalkan perbuatan buruk tersebut. Sekarang suporter indonesia lebih kreatif dalam mendukung klub kesayangannya tersebut seperti membuat koreografi, membuat banner klub, dan nyanyian nyayian motivasi untuk membangkitkan semangat para pemain di lapangan. Berikut ini adalah suporter indonesia paling fanatik dan kreatif versi Jelajahinet :

1. BCSPSS (PSS SLEMAN)

Brigata Curva Sud atau yang lebih dikenal sebagai BCS adalah pendukung / suporter sepakbola yang berasal dari klub sleman yaitu PSS Sleman. Brigata Curva Sud bermarkas di tribun selatan Stadion Maguwoharjo yang juga dipakai sebagai nama komunitas tersebut "Curva Sud". Brigata Curva Sud berbeda dengan suporter sepakbola Indonesia pada umumnya, mereka memiliki cara unik tersendiri untuk mendukung tim kesayangannya PSS Sleman. Salah satunya, melakukan koreografi disaat pertandingan berlangsung seperti ultras- ultras di Italia pada umumnya. Brigata Curva Sud mewajibkan anggotanya untuk memakai sepatu dan berpakaian rapi disaat mendukung tim kebanggaan mereka PSS Sleman. Yang membuat nama BCS lebih istimewa di bandingkan suporter lainnya di indonesia adalah BCS pernah menjadi suporter terbaik nomor 4 di dunia versi ULTRASWORLD.

2. Aremania (Arema Malang)

Aremania adalah sebutan untuk komunitas pendukung (suporter) klub sepak bola Arema Malang. Aremania termasuk suporter paling loyal di Indonesia. Di setiap pertandingan, entah di Malang maupun di luar kota Malang, Aremania selalu mendukung tim kesayangannya. Mereka tidak pernah peduli timnya menang atau kalah, yang penting mereka mendukung tim kesayangan mereka dengan cara yang sportif, atraktif dan simpatik. Penghargaan yang pernah diraih oleh Aremania antara lain adalah The Best Suporter pada Ligina VI tahun 2000 Oleh Ketum Agum Gumelar. dan The Best Suporter pada Copa Indonesia II tahun 2006.

3. Viking (Persib Bandung)
Viking Persib Club atau dikenal dengan Viking adalah kelompok pendukung kesebelasan sepakbola Indonesia, Persib Bandung yang berdiri 17 Juli 1993. Di hampir setiap pertandingan kandang maupun tandang viking selalu hadir untuk memberikan dukungannya. Viking termasuk suporter indonesia dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

4. Bonek (Persebaya)
Bondho Nekat atau biasa di singkat Bonek adalah kelompok pendukung atau suporter dari kesebelasan Persebaya Surabaya. Istilah bonek pertama kali dimunculkan oleh Harian Pagi Jawa Pos tahun 1989 untuk menggambarkan fenomena suporter Persebaya yang berbondong-bondong ke Jakarta dalam jumlah besar. Secara tradisional, Bonek adalah suporter pertama di Indonesia yang mentradisikan away supporters (pendukung sepakbola yang mengiringi tim pujannya bertandang ke kota lain) seperti di Eropa. Dalam perkembangannya, ternyata away supporters juga diiringi aksi perkelahian dengan suporter tim lawan. Tidak ada yang tahu asal-usul, Bonek menjadi radikal dan anarkis. Jika mengacu tahun 1988, saat 25 ribu Bonek berangkat dari Surabaya ke Jakarta untuk menonton final Persebaya - Persija, tidak ada kerusuhan apapun.

5. The Jakmania (Persija)
The Jakmania adalah kelompok pendukung / supporter kesebelasan sepak bola Persija Jakarta yang berdiri sejak Ligina IV, tepatnya 19 Desember 1997. Markas dan sekretariat The Jakmania berada di Stadion Lebak Bulus. The Jakmania adalah suporter fanatik yang di miliki oleh persija jakarta. Setiap persija main baik home maupun away mereka selalu memberikan dukungan untuk klub kesayangan mereka yaitu persija jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar